Kamis, 01 Maret 2012

FAKTOR PENYEBAB KEKURANGAN GIZI PADA IBU HAMIL TRIMESTER III


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Kekurangan gizi adalah asupan makanan kurang gizi yang tidak seimbang dengan kebutuhan tubuh. Sehingga menyebabkan daya tahan tubuh kurang. (1)
Berdasarkan data Denkes 2006 menunjukan bahwa 24% ibu mengalami masalah gizi khusus kurang. Akibat yang ditimbulkannya adalah ibu hamil menderita anemia dan KEK mempunyai resiko kesakitan lebih besar untuk melahirkan bayi dengan BBLR, perdarahan pasca persalinan, dan mudah mengalami gangguan kesehatan, selain itu status gizi sebelum dan selama hamil akan mempengaruhi pertumbuhan janin dalam kandungan (2).
Pada tahun 2006 menunjukan bahwa 27,6 % ibu hamil di Indonesia mengalami kekurangan gizi (2).Kekurangan gizi pada ibu hamil banyak di akibatkan oleh beberapa faktor,salah satunya yaitu status ekonomi rendah. Akibat krisis ekonomi angka kemiskinan membengkak dari 7,2 juta jiwa menjadi 22,6 juta jiwa didaerah perkotaan. sementara diwilayah desa, angka ini bergerak dari 15,3 ke 56,8 jiwa. Dengan demikian penduduk Indonesia yang hidup dibawah garis kemiskinan telah meningkat keangka 79,4 juta jiwa atau 39,1 % dari 202 juta jiwa penduduk Indonesia (3). 
Krisis ekonomi yang berakibat menurunnya daya beli masyarakat terutama kelompok dibawah garis kemiskinan memicu masalah yang lebih besar. Ibu janin dan janinnya rentan terhadap dampak krisis energi yang sedang terjadi. Asupan nutrisi saat ibu hamil akan sangat berpengaruh pada out come kehamilan tersebut (3).
Besarnya    energi yang    terasup    merupakan    faktor    gizi    paling penting,banyaknya energi yang harus  disiapkan hingga kehamilan berakhir sekitar 80.000 kkal kira-kira 300 kkal tiap hari (3).
Karena  adanya perbedaan  kebutuhan  energi selama hamil,WHO menganjurkan jumlah tambahan sebesar 159 kkal sehari pada trimester I dan 359 kkal sehari pada trimester ke II dan III, sementara widyakarya nasional pangan dan gizi V 2007 mematok angka 285 kkal. (3)
Berdasarkan data di Puskesmas Cilimus Kabupaten Kuningan Periode September 2007 - juni 2008 jumlah ibu hamil dengan status kekurangan gizi 168 orang (2,5 %) dari 430 ibu hamil yang disebabkan oleh faktor pendidikan, faktor sosial ekonomi, faktor sosial budaya, dan faktor kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar